Kamis, 01 Juni 2017

Peran Mahasiswa di Masyarakat

Peran Mahasiswa di Masyarakat







Mahasiswa adalah nama yang yang dipakai untuk menyebut pelajar di tingkat perguruan tinggi. Kata mahasiswa sendiri berarti siswa yang menduduki tingkatan yang paling tinggi. Mahasiswa adalah seseorang yang mempunyai potensi untuk memahami ilmu pengetahuan lebih mendalam dan juga memahami peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu mahasiswa sangat berperan penting dalam berjalannya suatu pemerintahan. Mahasiswa mempunyai beberapa peran diantaranya agent of change, social control, moral force daniron stock.

Mahasiswa berperan sebagai Agent of change karena karena mahasiswa juga sebagai agen perubahan. Dengan gelarnya, ilmu yang dipelajarinya mahasiswa dapat menerapkan ilmu –ilmunya untuk membangun negara ke perubahan yang lebih baik.

Social control adalah peran yang kedua mahasiswa di tengah kehidupan rakyat. Mahasiswa sebagai pendengar serta penyalur aspirasi aspirasi rakyat kepada pemerintah. Mahasiswa akan memperjuangkan hak-hak rakyat dan mengingatkan pemerintah apabila aada penyelewengan wewenang. Mahasiswa bukan pemerintah bukan juga rakyat akan tetapi mahasiswa mempunyai tempet sendiri sebagai jembatan dari kedua pihak tersebu.

Yang ketiga adalah moral force. Moral force atau mahasiswa memiliki kekuatan moral. Masyarakat memberikan gelar tersebut kepada mahasiswa karena mahasiswalah yang akan menjadi kekuatan moral negri. Dengan perilaku, kepribadian, akhlak dan semua yang berhubungan dengan moral yang baik maka mahasiswa akan menjunjung moral bangsa. 

Dan yang terakhir  iron stock. Mahasiswa diharapkan menjadi generasi penerus yang berakhlak dan berilmu. Mahasiswa adalah cikal bakal penerus kepemimpinan di dunia masyarakat. Kalo bukan aasiswa siapa lagi yang akan meneruskan perjuangan generasi tua.

Mahasiswa adalah aktor penting dalam masyarakat yang mampu merubah negara dengan peananya tersebut. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa patut berbangga dan  bertanggung jawab atas semua kepercayaan rakyat berikan kepada kita untuk menyalurkan aspirasi rakyat, membantu kebijakan pemerintahan serta potensi kita untuk memajukan negara.

Source : http://renungankopi.blogspot.co.id/2016/08/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar