Kamis, 01 Juni 2017

Contoh Program Python : Perhitungan Gaji Karyawan

Contoh Program Python : Perhitungan Gaji Karyawan


Listing Program





Logika Program

Memulai dengan printah print untuk mencetak keluaran pada layar, kemudian dengan sintaks ( lalu diisi statemen berupa “program perhitungan gaji karyawan” yang kemudian diakhiri sintaks ) untuk menutup statemen yang akan diberikan kebada program. Kemudian print (“ “) disini adalah untuk mencetak spasi atau jarak agar terdapat jarak pada judul dan deklarasi yang akan diinputkan. Kemudian pada blok program ini ditemukan sintaks nama=raw_input(“Nama Pegawai :”) yang mendeklarasian apapun yang akan diinputkan pada statemen Nama Pegawai dideklarasikan dengan variabel namadengan tipe data string itulah sebabnya mengapa menggunakan raw_input. Untuk jabatanjuga sama halnya dengan nama. Selanjutnya dari gaji pokok hingga jumlah anak sama halnya dengan nama, tetapi disini menggunakan tipe data integer karena yang akan diinputkan berupa bilangan bulat.

Kemudian diisikan suatu variabel baru kerja yang dimaksudkan akan berperan sebagai pemberian nilai variabel Jumlah Jam Kerja dan variabel kerja ini akan berisi penjumlahan antara dengan nilai variabel jam. Sama halnya dengan kerja, selanjutnya terdapat suatu variabel baru tgb yang dimaksudkan akan berperan sebagai pemberian nilai variabel Gaji Perbulan dan variabel tgb ini akan berisi rumus nilai variabel dari haridikalikan nilai variabel jam dan gaji ditambah dengan nilai variabel anak dikali 25000. Kemudian dibuat lagi variabel baru tgt yang dimaksudkan akan berperan sebagai pemberian nilai variabel Gaji Pertahun dan variabel ini akan berisi nilai variabel tgbdikalikan dengan 12. Dan yang terakhir yaitu variabel tga yang dimaksudkan akan berperan sebagai pemberian nilai variabel Total Gaji diterima dan variabel ini akan berisi nilai variabel tgt dikali dengan nilai variabel akhir dikurangi awal.

Selanjutnya pada program ini ditemukan sintaks \n yang berarti membuat 1 baris baru pada keluaran. Selanjutnya akan tercetak Nama Pegawai dengan nilai variabel namaJabatandengan nilai variabel jabatanMulai Kerja dengan nilai variabel awalAkhir Kerjadengan nilai variabel akhirJam Kerja dengan nilai variabel kerjaGaji pokok dengan nilai variabel gajiGaji Perbulan dengan nilai variabel tgbGaji Pertahun dengan nilai variabel tgt; dan tercetak Total Gaji diterima adalah dari nilai variabel tga. Kemudian yang terakhir terdapat fungsi x=raw_input(“ ”), disini adalah untuk mencetak atau membuat satu baris baru kebawah,selain itu agar program tidak langsung tertutup begitu sintaks selesai.

Output Program 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar