Jumat, 03 Maret 2017

Keamanan Internet

Pengertian internet


      
Menurut John D. Howard dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet” menyatakan bahwa : “Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab”. jadi keamanan internet adalah menjaga komputer dari serangan pihak luar yang ingin mengganggu atau mencuri data yang kita miliki.

macam - macam keamanan Internet

1.  Application Layer Security
     Pada level ini tiap aplikasi bertanggung jawab dalam menyediakan keamanan. Implementasi pada level ini hanya menyangkut client dan server.

2. Transport Layer Security
     Pada level ini security yang terapkan lebih rumit. Salah satu metode security pada layer ini adalah Transport Layer Security (TLS). 

3. Security at the IP Layer
     Pada IP layer, implementasi fitur keamanan (security) sangat kompleks karena banyak piranti yang terlibat. Security pada level ini menggunakan IP Security (IPSec)

4. Firewall
     Suatu organisasi dapat melindungi darinya dari dunia luar dengan firewall. Firewall adalah suatu router yang dipasang antara jaringan internal suatu organisasi, dan Internet.

Fungsi keamanan interner

Untuk melindungi komputer ketika menggunakan jaringan internet agar tidak ada pihak yang tidak bertanggung jawab menyerang komputer yang di gunakan dan mencuri datanya.



Ref.
https://kharismaabi.wordpress.com/2013/11/12/keamanan-internet-2/

Stiawan, Deris. 2005. Sistem Keamanan KomputerElex Media Komputindo




Tidak ada komentar:

Posting Komentar