Sabtu, 23 Januari 2016

Dampak MEA pada bangsa Indonesia

sebentar lagi akan datang yang namanya MEA yaitu masyarakat ekonomi ASEAN yang mana warga yang negaranya tergabung dalam lingkaran besar ASEAN dapat dengan mudah mencari pekerjaan di antara negara negara yang tergabung dalam ASEAN yang akan menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. persaingan akan semakin sebasar di dalam negeri mau pun di luar, karena para pencari pekerjaan tidak hanya mencari kerja di negaranya sendiri mereka juga akan mencari ke luar negeri.


dampak positif dari MEA adalah kemajuan ekonomi negara negara yang ada di lingkaran ASEAN dan mempererat hubungan antar negara negara anggota ASEAN. lapangan pekerjaan menjadi lebih luas jadi dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di dalam negara itu.

dampak negatif dari MEA ini adalah persaingan pekerjaan menjadi lebih berat. dan biasanya pekerja  asing lebih di hargai di indonesia dari pada pekerja pribumi yang dimana itu menjadikan kesenjangan sosial dalam pekerjaan. masyarakat pribumi jadi lebih sulit mendapat pekerjaan jika  saingan mereka adalah pekerja asing dan biasanya pekerja asing mendapat gaji yang lebih tinggi dan pribumi mendapat gaji yang lebih rendah walaupun memiliki jabatan dan pekerjaan yang sama.

jadi hal yang  harus di lakukan adalah memperbanyak ilmu dan belajar belajar dan belajar agar tidak kalah oleh pekerja asing, karena persaingan yang ketat harus memperkaya wawasan dan mempelajari bahasa asing tidak hanya bahasa inggris saja tetapi bahasa bahasa yang lain seperti bahasa thailand atau cina yang akan memperkuat ketika akan mencari pekerjaan karena orang yang dapat menggunakan lebih dari 2 bahasa banyak dicari oleh perusahaan perusahaan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar