Selasa, 17 November 2015

Urbanisasi

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. urbanisasi yang berlebihan dan tidak merata malah akan menjadi masalah besar. urbanisasi bertujuan untuk memajukan masyarakat desa dengan di pindahkannya ke kota. tapi yang sering terjadi urbanisasi tidak merata dan malah terjadi lonjakan penduduk di kota kota besar.


Urbanisasi lebih baik di lakukan merata tidak hanya di kota kota metropolitan, tetapi juga di kota kota kecil agar kota tersebut dapat berkembang menjadi kota besar. dan Urbanisasi yang merata juga dapat mengurangi lonjakan penduduk di kota kota besar. Urbanisasi yang merata akan menghidupkan kota kota kecil. jika di lihat perbedaan kota yang ada di pulau jawa dan sumatra adalah kota di pulau jawa memiliki banyak kota besar sedangkan di pulau sumatra memiliki sedikit kota besar dan banyak sekali kota kecil.

Urbanisasi harusnya di lakukan secara bijaksana agar pertumbuhan penduduk di indonesia merata dan tidak terpusat pada satu daerah saja agar potensi potensi yang ada di seluruh indonesia dapat di manfaatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar