Selasa, 23 Oktober 2018

artikel SEO

apa itu SEO?


SEO merupakan kependekan dari search engine optimization. SEO adalah metodologi strategi, teknik dan taktik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung sebuah situs. Caranya dengan memperoleh posisi yang beranking tinggi dalam halaman hasil pencarian mesin pencari termasuk Google, Bing, Yahoo dan lainnya.


Para pengguna internet biasanya malas menjelajahi hasil pencarian. Mereka hanya mengklik situs-situs yang masuk ke dalam halaman pertama hasil pencarian, terutama yang masuk dalam daftar 10 besar. Semakin tinggi posisi sebuah situs dalam hasil pencarian, semakin banyak pengunjungnya.
SEO memastikan sebuah situs bisa diakses oleh mesin pencari dan meningkatkan kesempatan situs itu ditemukan oleh mesin pencari. Praktek SEO biasanya didorong oleh mesin pencari untuk dilakukan oleh para pengelola situs.



Apa tujuan SEO

Jika Anda sudah melakukan optimisasi mesin pencari terhadap situs Anda seperti ilustrasi www.denahajiumroh.com di atas, maka tentunya akan lebih banyak klik (atau kunjungan) dari para pengguna internet ke situs Anda tersebut, dibandingkan jika situs Anda tidak muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari. Frekuensi atau intensitas klik atau trafik kunjungan (atau trafik saja) para pengguna internet terhadap hasil pencarian dari mesin pencari (misalnya Google), dapat dianalisa dengan peta panas klik (click heatmap atau bisa disebut dengan heatmap saja), seperti gambar berikut ini (disebut Google heatmap atau Google SERP heatmap).
Perhatikan bahwa mayoritas klik pengguna akan banyak berada di separuh halaman pertama atas (upper fold), yaitu bagian halaman yang langsung terlihat oleh pengguna tanpa harus menggulung (scroll) atau klik untuk melihat separuh halaman bagian bawah.
555x626-google-serp-click-heatmap
Perhatikan legend warnanya. Misalnya untuk warna merah adalah 100%, yang berarti setiap kali halaman hasil pencarian ditampilkan oleh mesin pencari (misalnya Google), maka area berwarna merah itu selalu mendapat klik dari pengunjung. Sehingga artinya area berwarna merah lebih akan banyak mendapat pengunjung internet dari area warna lainnya (orange, kuning, hijau, biru muda, dan seterusnya).
legenda-peta-panas-heat-map-serp-google
Setelah Anda memahami definisi apa itu SEO dari Wikipedia bahasa Inggris di ilustrasi-ilustrasi di atas dan gambar click heatmap, jika kita lengkapi pengetahuan kita tentang SEO dengan definisi SEO di Wikipedia berbahasa Indonesia.
Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritme mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.Versi awal algoritme pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritme tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Kelebihan dan kekurangan SEO

Keuntungan Dari SEO

  • Banyaknya traffic pengunjung. Jika situs web Anda berhasil berada di urutan pertama, atau setidaknya halaman pertama dari halaman mesin pencari, website Anda mempunyai kesempatan besar untuk mendapatkan banyak lalu lintas pengunjung.
  • Biaya yang minimal. Namun masih perlu kerja dan waktu yang adil. Oleh karena itu saya mengatakan bahwa SEO tidak gratis!
  • Mudah dipantau. Dapat dipantau dan mengecek hasil optimasi SEO melalui berbagai cara.
  • Banyaknya software pendukung. Ada banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang Anda lakukan.
  • Cepat terkenal. Semakin sering situs web Anda di bagian atas mesin pencari, semakin banyak orang yang tahu web Anda.
  • Berpeluang membuka jasa SEO. Jika Anda berhasil menerapkan SEO di situs web, Anda dapat membuka jasa pengerjaan SEO.
  • Tidak harus Anda sendiri. Untuk melakukan SEO, Anda sendiri tidak perlu melakukannya. Anda dapat mencari orang atau menggunakan jasa SEO untuk mengerjakannya pada web Anda.

Kekurangan SEO

  • Memakan waktu yang lama. Jika Anda melakukannya sendiri, jelas membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Karena SEO perlu dijalankan dan dimonitor setiap hari.
  • Tergantung pada mesin pencari. Mengandalkan SEO berarti menjadi ketergantungan terhadap pengembangan mesin pencari situs web. Jika posisi situs web Anda mengalami "gempa bumi" alias tidak stabil di search engine, akan menyebabkan pendapatan Anda pun menjadi menurun.
  • Banyaknya hal-hal teknis. Jika Anda melakukan SEO sendiri, Anda perlu belajar banyak hal-hal teknis jika ingin berhasil.
  • Ikuti perkembangan. Algoritma mesin pencari terus berubah. Anda harus mengikuti perkembangannya. Termasuk aturan juga.
  • Persaingan sangat tinggi. Karena semua web kompetisinya melakukan SEO, maka persaingan pun menjadi ikut tinggi.

Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)
  1. Web Crawling - Menjelajahi Internet. Mesin pencari akan meluncurkan sebuah program yang disebut dengan spider.
  2. Indexing - Membangun Index.
  3. Searching - Pencarian oleh Pengguna Mesin Pencari.

Kelebihan dan kekurangan search engine pada browser

GOOGLE
KELEBIHAN (+)
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
Tampilan yang sederhana.
Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
KEKURANGAN (-)
Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
YAHOO
KELEBIHAN (+)
Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
Fiturnyanya yang komplit.
Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
KEKURANGAN (-)
loadingnya membutuhkan waktu yang lama
MSN (Microsoft)
KELEBIHAN (+)
mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
KEKURANGAN (-)
pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
ALTAVISTA
KELEBIHAN (+)
keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
KEKURANGAN (-)
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
ALLTHEWEB
KELEBIHAN (+)
Kemudahan dalam mencari.
Tampilan yang sederhana seperti Google.
Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
KEKURANGAN (-)
Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.
ASK.COM
Dulu namanya adalah Ask Jeeves (Jeeves adalah karikatur eksekutif pria yang lihai menjawab segala pertanyaan). Situs ini bisa menjadi alternative sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya.
KELEBIHAN (+)
1. Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
LYCOS
KELEBIHAN (+)
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
KEKURANGAN (-)
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data





ref:
http://catatantentangseo.blogspot.com/2016/10/apa-kelebihan-dan-kekurangan-seo.html
http://www.naevaweb.com/blog/cara-bisnis-online/cara-kerja-mesin-pencari-search-engine-p.html
https://cyberstark.wordpress.com/2011/12/07/10-kelebihan-dan-kekurangan-search-engine/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar